Saturday, February 20, 2016

Merasa Disakiti


Kebanyakan kita tentu pernah ke pantai. Bermain air sambil sesekali kaki kita dihantam ombak, adl hal yg biasa dilakukan jika kita ke pantai. Namun, bila kaki kita sedang terluka maka mungkin akan berpikir 2x utk mencelupkan kaki kita yg terluka itu karena begitu air laut mengenai bagian yg terluka kita pasti akan meringis perih.

Pertanyaannya apa yg salah? Apakah air lautnya? Tentu bukan. Penyebabnya adl kaki kita yg terluka. Seringkali demikian pula yg terjadi dlm hidup kita sehari2. Ada org2 yg begitu mudah tersinggung bahkan marah & sakit hati ketika dinasehati, dikritik, diberi tahu apa yg semestinya dilakukan, dsb. Terlepas dari fakta bahwa memang ada kritik yg hanya bertujuan menjatuhkan & menyakiti, tapi respons org yg menerima kritikan, nasihat, bahkan celaan & hinaan itu juga seringkali menunjukkan apa yg sebenarnya terjadi di dlm dirinya.

2 reaksi ditunjukkan Saul & Daud saat ditegur 2 reaksi ditunjukkan oleh Petrus & Yudas saat menyadari kesalahannya. Saul mengaku salah tapi dgn berbagai syarat bahkan kemudian jatuh kedlm dendam kpd Daud. Sementara Daud sadar & bertobat tanpa syarat. Petrus menyesal & bertobat, tapi Yudas menyesal & menyalahkan org lain & akhirnya menggantung diri.

Nasihat, teguran & kritik direspons secara berbeda oleh mereka. Kita tau sebabnya. Saul punya masalah dgn kepercayaan dirinya dimata manusia. Ia mudah khawatir & minder, bahkan terhadap bawahannya Daud. Sementara Yudas punya masalah dgn ketidakjujuran & ambisi yg tdk sehat.

Amsal 12:15 ~ Jalan org bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak.

Have a Nice Day...

No comments: