Friday, February 12, 2016

Kenodoxia


Ada org yg merasa senang dgn pujian. Beberapa org bahkan sengaja mencari2 pujian. Apalagi perkembangan teknologi saat ini mendukung utk melakukannya. MedSos pun menjadi alat efektif utk mencari & mendapatkan pujian. Bukan berarti org yg melakukannya pasti punya motivasi ingin dipuji, tapi menilainya sederhana saja. Jika kita kecewa atas respons positif yg diinginkan bisa jadi mencari pujian itulah tujuan kita.

Di Alkitab mencari pujian sia2 memakai kata "kenodoxia". Akar dari Kenodoxia adl kesombongan. Merasa lebih penting dari org lain karena menganggap dirinya memiliki kekuatan, kehebatan & keunggulan yg lebih dari org lain. Menjadi sombong sebenarnya sangat menggelikan. Menyadari bahwa segala yg kita punya & bisa bersumber dari kasih karunia Tuhan, apa yg dpt kita sombongkan dari diri kita? Hanya Tuhan lah yg layak utk ditinggikan. Hanya di dlm Tuhan lah kita dpt bermegah.

Seorg pendeta yg dikenal dgn kesederhanaannya, George Muller, melukiskan kerendahan hati sebagai "memahami tidak berartinya diri sendiri". Ya, tanpa Tuhan sesungguhnya kita bukanlah siapa2. Lepaskan diri dari sikap sombong yg ujung2nya hanya ingin mendptkan pujian dari manusia. Kita tdk alergi dengan pujian. Namun demikian, jgn habiskan waktu & energi hanya utk mencari & mendptkan pujian dari manusia.

Filipi 2:3 ~ dgn tdk mencari kepentingan sendiri atau puji2an yg sia2. Sebaliknya hendaklah dgn rendah hati yg seorg menganggap yg lain lebih utama dari pada dirinya sendiri.

GODBLESSYOU.

No comments: