Friday, February 5, 2016

Doa Yang Salah


Seorg bapak suka sekali makan daging babi. Sebelum makan babi panggang ia biasa berdoa begini "Tuhan, kami tahu Engkau sanggup membuat labu beracun jadi tdk beracun dlm kisah nabi Elisa. Tolong supaya lemak dari babi panggang ini diangkat sehingga walaupun kami makan, maka kadar koresterol kami tdk menjadi tinggi". Ada juga org yg mengendarai mobil & lupa membawa STNK. Ketika melihat didepan polisi mengadakan razia, ia berdoa "Tuhan, tolong supaya mobil saya tdk dihentikan. Ampuni kesalahan saya, Tuhan". Lain lagi dgn seorg ibu yg berdoa supaya org yg mengutangi dia tdk datang saat hari jatuh tempo dimana ia harus membayar.

Org memang bebas utk mendoakan apa saja. Tetapi kadang kita tdk menghormati Tuhan krn menganggap Tuhan itu pesuruh atau lampu Aladin yg memberikan semua yg kita inginkan asal kita berdoa. Tidak. Doa bukan kesempatan kita utk menyuruh2 Tuhan melakukan ini & itu. Doa adl waktu dimana kita berbicara & mendengar Tuhan berbicara kpd kita. Doa adl utk membangun hub kita dgn Tuhan menjalin keintiman, pengucapan syukur & permohonan.

Sahabat, Tuhan itu berdaulat. Bila IA mengizinkan org itu ditangkap polisi, itulah akibat yg hrs ditanggung org itu. Kalau ternyata ia lolos, itulah rahmat Tuhan. Tetapi tetap saja org itu selanjutnya harus berhati2 jgn sampai ketinggalan STNK. Demikian pula, jika memang kita hrs membayar hutang, maka itulah yg wajib kita lakukan. Kita tdk bisa memaksa Tuhan membuat utang kita tiba2 dilunasi oleh org tak dikenal, misalnya.

Jika kita berdoa, kita hrs tahu apakah yg kita minta itu utk memuaskan hawa nafsu kita atau bukan. Walaupun di waktu tertentu Allah memberikan apa yg menjadi keinginan hati kita (jika itu baik menurut pandangan NYA) tetapi ketahuilah bahwa Allah lebih senang memenuhi kebutuhan kita drpd keinginan kita.

Yakobus 4:3 ~ Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tdk menerima apa2 krn kamu salah berdoa, sebab yg kamu minta itu hendak kamu habiskan utk memuaskan hawa nafsumu.

GOD Bless U....

No comments: