Friday, January 1, 2016

Refleksi Tanpa Aksi


Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk melakukan refleksi diri. Karena itu, banyak orang juga melakukannya. Mengambil waktu barang sejenak untuk merenungkan kembali perjalanan hidupnya dalam satu tahun ini. Mencatat peristiwa keberhasilan maupun kegagalan. Mengingat kembali hal-hal yang membuatnya jatuh terpuruk. Mencari tahu mengapa hal ini bisa terjadi dan seterusnya.

Melakukan refleksi diri itu bagus. Tapi jika hanya berhenti sampai disitu saja, alangkah sia-sianya. Seperti orang yang memandang dirinya didepan cermin, mencari tahu apa saja yang tidak beres dengan penampilannya dan setelah menemukan ketidakberesan itu, orang tersebut melupakannya begitu saja (Yakobus 1:23-24).

Refleksi itu mirip inspirasi, tanpa tindakan nyata adalah hal yang sia-sia. Jika tidak melakukan perubahan, kita hanya akan terus mengulang-ulang kesalahan itu. Jadi jangan bangga jika kita hanya bisa melakukan refleksi diri.

Banggalah jika kita memiliki tekad dan keberanian untuk mengubah sifat dan kebiasaan kita yang buruk. Banggalah jika kita tidak mengulang kesalahan-kesalahan yang kita buat dimasa lalu. Banggalah jika hasil refleksi akhir tahun itu bisa menjadi pijakan yang kuat untuk kita menapak dan menjalani kehidupan lebih ditahun yang baru.

REFLEKSI TANPA AKSI ADALAH HAL YANG SIA-SIA.

Selamat Tahun Baru 2016. Tuhan Yesus memberkati.

No comments: