Sunday, January 17, 2016

Pohon Sequoia


Pohon Sequoia yg byk tumbuh di California termasuk jenis pohon yg unik. Tubuh pohon ini tergolong besar, tingginya mencapai seratus meter. Uniknya, pohon2 ini memiliki susunan akar yg sangat dangkal & menjalar di permukaan tanah. Secara konstruksi, pohon raksasa ini jelas tdk akan mampu menahan angin kencang yg setiap saat menerpanya. Ia mudah roboh. Karena itulah pohon2 Sequoia biasanya tumbuh secara berkelompok. Hampir tdk terlihat pohon ini tumbuh sendirian. Karena jalinan akar pohon yg satu dgn pohon2 yg lainnya inilah pohon raksasa ini mampu bertahan dari deraan angin sekencang apapun.

Peristiwa Getsemani mengingatkan bahwa Yesus juga sangat membutuhkan dukungan murid2 NYA. Dalam pergumulan yg sangat berat, Yesus butuh dukungan doa dari murid2 terdekatnya. Karena itu, Yesus mengajak Petrus, Yohanes & Yakobus utk berdoa bersama NYA. Yesus yg sedemikian luar biasa saja butuh dukungan doa dari murid2 NYA. Sungguh sangat naif, jika kita merasa diri kuat & sendirian bisa menghadapi semua pergumulan hidup kita. Peristiwa Getsemani menunjukkan kpd kita bahwa kita semua saling membutuhkan dukungan satu sama lain.

Kita bak pohon Sequoia, rentan utk roboh saat diterpa angin yg kuat. Namun disaat kita memiliki jalinan yg kuat dgn saudara seiman, maka kita akan saling membangun & menguatkan. Sesungguhnya inilah rahasia kekuatan iman kita, yaitu saling mendukung & mendoakan satu sama lain. Karena itu Firman Tuhan mengingatkan agar kita jgn sampai menjauhkan diri dari ibadah & persekutuan org percaya (Ibrani 10:25). Akar rohani kita makin kuat jika kita memiliki jalinan yg kuat dgn saudara seiman.
...†...
 ╱◥◣
│∩ │◥███◣ ╱◥███◣
 ╱◥◣ ◥████◣▓∩▓│∩ ║
│╱◥█◣║∩∩∩ ║◥█▓ ▓█◣
││∩│ ▓ ║∩田│║▓ ▓ ▓∩ ║
๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑                
     ĦäpρŸ ˚⌣˚Śůñδαyϔ
 Have a glorious devotion
๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑๑۩๑

No comments: