Tuesday, October 18, 2016

Waktu Tuhan


Sebuah lagu rohani berkata "waktu Tuhan bukan waktu kita". Kita mungkin sering mengatakan hal serupa. Namun apakah kita benar2 mengerti makna dari "waktu Tuhan" ini? Kadang kita berkata demikian sekedar utk menghibur diri saat harapan tak sesuai kenyataan, ketika menasihati org lain agar bersabar.

Bagi manusia, waktu seringkali berkaitan dgn keterbatasan. Waktu yg telah lalu tdk bisa kita ubah. Waktu yg akan datang, tdk kita ketahui. Meski kita kenal istilah mengulur waktu, tapi nyatanya waktu tdk bisa kita ulur/perpanjang maupun kita persingkat. 1 detik dimanapun tetap sama. 1 hari tetap 24jam. Namun waktu Tuhan tdk seperti itu. Waktu NYA melampaui segala keterbatasan tsb.

Salah satu contohnya seperti yg diceritakan dlm Lukas 22:10. Sebelum Perjamuan Paskah terakhir dgn para murid, Yesus menyuruh Petrus & Yohanes mempersiapkan perjamuan tsb. Dimana? Yesus memberi petunjuk bahwa saat masuk kota, mereka akan bertemu seseorg yg membawa kendi air. Org itu yg akan menunjukkan tempatnya. Pernahkah anda memikirkan bahwa di zaman itu, org yg membawa kendi air jelas banyak, apalagi dikota. Namun, kedua murid itu tentu telah diberikan petunjuk yg detail sehingga bisa menemukan pembawa kendi yg tepat. Dari mana Yesus tahu si pembawa kendi akan bertemu 2 murid NYA diwaktu & tempat yg tepat? Itulah waktu Tuhan.

Sesungguhnya, ketika kita bicara bahwa waktu Tuhan bukan waktu kita, itu adl pernyataan iman akan kemahakuasaan Tuhan. Itu artinya kita percaya bahwa Tuhan berkuasa penuh atas waktu. Itu artinya kita beriman seperti kedua murid tadi, bahwa IA akan mempertemukan kita dgn pembawa kendi yg tepat, yg akan mengantarkan kita ke tujuan yg benar. Bersyukurlah kita punya Tuhan yg punya waktu NYA sendiri sehingga kita bisa mengandalkan iman kpd DIA. Meski menurut waktu manusia seolah terlambat atau belum pasti, di dlm DIA ada kepastian.

TUHAN BERKUASA ATAS WAKTU.. PERCAYALAH...

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus dan Tuhan mengasihi selalu.

No comments: