Thursday, October 13, 2016

Sulit Percaya


Bayangkan suatu saat anggota keluarga kita pulang sambil membawa tas plastik. Karena penasaran, kita akan bertanya apa isi tas itu & ia pun menjawab bahwa isinya adl dokumen super rahasia dari CIA. Tentu kita akan menganggap ia bercanda. Kita tdk akan percaya dgn apa yg ia katakan. Mana mungkin ia bisa memiliki dokumen super rahasia dari badan intelijen negara adidaya lagi? Beda jika ia berkata jika isi tas itu adl martabak / baju kotor, misalnya. Mungkin kita akan percaya.

Perhatikan disini, yg membuat kita percaya atau tdk, seringkali terletak pada faktor siapa, bukan apa. Kita tdk percaya anggota keluarga kita yg bukan pejabat intelijen memiliki dokumen rahasia CIA. Namun, jika presiden Amerika, Obama berkata bahwa ia memiliki dokumen tsb, tentu kita sangat percaya.

Jika kita baca di Alkitab, alasan org2 menjadi tdk percaya, juga sama. Yesus kerap menegur para murid krn tdk percaya. Mungkin kita berpikir, bukankah wajar jika para murid tdk percaya angin ribut bisa dihentikan dgn sebuah hardikan (Mar 4:35-41). Jika kita baca dalam Matius 17:14-21 bukankah wajar jika para murid tak percaya mereka bisa mengusir setan? Masalah mereka bukanlah krn mereka tdk percaya pada kuasa utk melakukan hal2 itu, tapi karena mereka tdk percaya pada Yesus & kuasa NYA. Masalah mereka adl krn menganggap Yesus tdk akan bisa menjaga mereka dari angin ribut. Masalah mereka adl krn menganggap nama Yesus tdk cukup berkuasa utk mengusir setan.

Percaya & iman adl soal Tuhan, bukan soal masalah atau kemungkinan yg bisa terjadi. Memang tdk mudah. Kita sering kali beralasan masalah yg kita hadapi terlalu berat, kenyataan yg ada berkata itu mustahil. Tapi, jgn pandang masalahnya. Pandanglah Kristus & percayalah bahwa IA adl Allah yg sanggup melakukan apapun.

KITA BERIMAN KARENA PERCAYA KPD ALLAH, BUKAN KPD KEMUNGKINAN.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus & Tuhan mengasihi selalu.

No comments: