Sunday, October 23, 2016

Cekungan Hidup


Apakah sesuatu yg mulus itu selalu baik? Dalam byk hal, iya. Jalan yg mulus. Pekerjaan yg mulus. Hubungan yg mulus, dsb. Namun bukan artinya tdk mulus berarti tdk baik. Pernahkah anda mengamati bola golf? Pernahkah anda berpikir mengapa bola golf tdk bulat mulus tetapi byk cekungan2 disana sini. Bukan tanpa tujuan pencipta bola golf membuat bola yg bopeng, tdk rata & penuh cekungan. Menurut perancangnya, bola dgn permukaan yg rata & mulus hanya akan terlontar paling jauh sekitar 119 m. Namun ketika bola golf tsb penuh cekungan, maka daya lontarnya bisaa 2x lipat lebih jauh dibandingkan dgn bola yg rata mulus.

Setiap kali berdiri didepan cermin, kita tergoda utk memikirkan ketidaksempurnaan kita, kekurangan kita, kelemahan kita & cekungan2 dlm hidup kita. Acap kali kita berpikir, alangkah bahagianya jika kita bisa menjadi seperti si A atau si B. Kita membayangkan kehidupan mereka yg sempurna. Disisi lain kita sulit berdamai dgn ketidaksempurnaan kita sendiri. Padahal Tuhan menciptakan kita sempurna adanya. Itu juga bagian dari kesempurnaan. Kita harus percaya bahwa apa yg kita anggap kelemahan & kekurangan, sesungguhnya merupakan kelebihan kita.

Siapa yg tak kenal Nick Vujicic? Pria yg diciptakan tanpa lengan & tanpa kaki ini tampaknya jauh dari kata sempurna. Hidupnya penuh dgn cekungan. Seperti apapun keadaan fisiknya, tetap saja kita harus percaya bahwa kejadian kita dahysat & ajaib
Mazmur 139:14
Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Justru dlm kondisi fisik yg tdk sempurna seperti Nick Vujicic bisa menjadi inspirasi bagi jutaan org di dunia. Bagian hidup kita yg kita anggap tdk sempurna adl kesempurnaan yg disengaja oleh Tuhan. Kita seperti bola golf, bisa terlontar lebih jauh karena ketidaksempurnaan kita. Berdamailah dgn ketidaksempurnaan karena sebenarnya hal itulah yg menyempurnakaan kita.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus Tuhan Yesus memberkati.

No comments: