Sunday, October 30, 2016

Waktu Ilahi


Tuhan akan membuka tingkap langit & mencurahkan hujan berkat dgn syarat mutlak : kita harus berada di tanah panggilan kita. Tuhan menempatkan kita masing2 berbeda. Ada yg ditetapkan sebagai hamba Tuhan, tapi ada juga yg ditetapkan sebagai pebisnis, pengacara, dokter, guru, dsb. Apapun jenis pekerjaannya, apapun respons panggilan kita, hidupi panggilan kita & setialah terhadap panggilan kita. Itu berarti kita sudah berada ditempat yg tepat.

Namun, berada ditempat yg tepat saja belum cukup. Tdk hanya berada dipenempatan ilahi, tapi juga harus hidup dlm waktu ilahi. Mengetahui waktu hujan turun sama pentingnya dgn mengetahui lokasi hujan. Meski kita sudah berada ditempat yg tepat, tapi kalau kita tdk peka membaca waktu Tuhan, maka kita akan salah mengambil tindakan. Bisa saja tindakan kita terlalu cepat atau terlalu lambat. Musa berusaha menyelamatkan bangsa Israel. Ini menunjukkan bahwa Musa sebenarnya sudah berada ditempat yg tepat sebab itulah panggilan Musa. Namun sayang, Musa bergerak menurut waktunya sendiri, bukan waktu Tuhan. Akibatnya, Musa bahkan harus lari ke tanah Midian (Kel 2:11-22)

Terlalu cepat tdk baik, terlalu lambat juga tdk kalah buruknya. Harus benar2 sesuai waktu Tuhan. Dituntut utk sabar & tdk bertindak menurut waktunya sendiri. Perlu setia dlm menunggu waktu Tuhan. Juga perlu kepekaan utk bergerak disaat momentum ilahi itu datang. Lalu bagaimana kita bisa mengenali momentum ilahi? Satu2nya cara mengenal momentum ilahi adl dgn menjadi intim dgn Tuhan. Menghabiskan banyak waktu utk berdoa, membaca Firman Tuhan & bersekutu dgn Tuhan disertai jangan melihat ke kanan ke kiri dengan keberadaan orang lain. Fokus hanya kepada Tuhan, ikuti panggilanNYA. Itulah yg akan mempertajam kepekaan rohani kita sehingga kita tahu kapan waktu yg tepat utk bergerak sesuai dgn waktu NYA, bukan waktu kita.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus & Tuhan mengasihi selalu.

No comments: