Friday, June 10, 2016

Sebelum Ditolong


Iklan & promo saat ini sering "menipu". Misalnya tulisan "disc 50%", tapi ternyata itu hanya khusus pemegang kartu tertentu. Ada lagi tulisan "dapatkan produk A hanya dgn sekian ribu". Sangat murah. Tapi ternyata kita harus beli minimal 2. Ada syarat & ketentuaan berlaku.

Bagaimana dgn pertolongan Tuhan? Mungkin banyak yg tdk setuju, jika dikatakan, ada syarat & ketentuan yg berlaku utk kita bisa menerima pertolongan Tuhan. Bukankah pertolongan dari Tuhan itu anugerah & bukan upah? Bukankah Tuhan berdaulat utk menolong siapa saja, kapan saja, melalui apa saja? Bagaimana bisa dikatakan ada syarat & ketentuan yg harus dilakukan manusia utk bisa menerima pertolongan Tuhan? Syarat & ketentuan ini bagaimanapun juga akan sangat menentukan bagaimana kita menerima berkat bahkan mujizat dari Tuhan.

Yohanes 2:5 adl pertama kali Yesus melakukan mujizat NYA. Apa yg terjadi disaat itu sesungguhnya juga sering terulang dlm mujizat2 NYA yg lain, yaitu tentang bagaimana respons si penerima mujizat sebelum kuasa NYA dinyatakan. Jika kita lihat, setidaknya ada 3 hal.
(1) Sadar bahwa kita butuh DIA. Kesombongan manusia kadang menghalangi utk kita menerima pertolongan & mujizat NYA. Dibagian manapun di Alkitab, selalu saja ditulis, org yg mau ditolong Tuhan harus merendahkan diri lebih dulu.

(2) Mentaati perintah NYA. Percuma berdoa tapi tdk mau taat pada petunjuk NYA. Lakukan yg IA perintahkan, bukan yg kita inginkan.

(3) Lakukan hingga  tuntas. Ketaatan yg setengah2 adl ketidaktaatan. Ketiga hal ini bukanlah rumus menerima berkat, tapi 3 hal ini adl ibarat tanah yg subur dimana berkat Tuhan bisa bekerja & bertumbuh.

Matius 6:33
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Tetap semangat dlm Tuhan dan Tuhan Yesus memberkati.

No comments: