Thursday, June 23, 2016

Kebetulan?


Negeri itu kering kerontang. Bertahun2 hujan tak pernah turun. Disanalah janda itu hidup. Tak ada yg tersisa selain segenggam tepung yg akan menjadi santapan terakhirnya, sebelum ia & anaknya menyusul para tetangga yg telah terlebih dulu tewas karena kelaparan. Sementara itu ditempat lain, seorang nabi Tuhan harus pergi meninggalkan tempat persembunyiannya karena sungai Kerit yg selama ini menjadi sumber minumnya sudah mengering. Dalam situasi itulah nabi Tuhan yg bernama Elia itu berjumpa dgn janda itu & minta dibuatkan makanan.

Pertemuan itu seolah kebetulan belaka. Mengapa nabi Elia tak datang ketika janda di kota Sarfat tsb masih memiliki banyak bahan makanan? Apakah sebuah peristiwa kebetulan jika sungai Kerit menjadi kering & Elia harus keluar dari tempat persembunyiannya? Sesungguhnya Elia datang disaat yg benar2 pas. Tdk terlalu cepat, tapi juga tdk terlambat. Perjumpaan "kebetulan" itulah yg membuat Elia bertemu dgn janda itu. Janda itu taat kpd apa yg dikatakan Elia & akhirnya ia tetap terpelihara dgn cara ajaib.

Kebetulan berasal dari bahasa Latin : cum (bersama) & incidere (terjadi). Istilah ini kita sematkan kpd beberapa peristiwa yg terjadi secara bersamaan tanpa disengaja. Benarkah Elia datang kpd janda Sarfat secara kebetulan? Tentu tidak. Tuhanlah yg mengijinkan sungai Kerit kering disaat janda Sarfat itu sudah diujung pengharapannya. Tuhan pula yg memerintahkan Elia menemui wanita miskin itu utk mendptkan makanannya.

Dlm bahasa Ibrani tdk mengenal kata "kebetulan". Ini menunjukkan betapa bangsa Israel meyakini bahwa segala sesuatu terjadi krn ada Sutradara hebat yg mengaturnya. Tak ada yg kebetulan dlm dunia ini. Apa pun yg terjadi dlm hidup kita, semua telah tercatat dlm skenario NYA. Akhir cerita setiap org yg percaya kpd NYA adl happy ending. Percayalah, kita akan mengalami byk peristiwa "kebetulan" yg direncanakan Tuhan.

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, ...

No comments: