Thursday, June 30, 2016

Bukan Tukang Sulap


Apa yg diharapkan dari menonton pertunjukkan sulap? Tentu trik yg bisa membuat kita kagum. Apalagi jika magician nya terkenal. Ketika Yesus dibawa ke hadapan Herodes, Alkitab mencatat bahwa sang penguasa Galilea itu sangat gembira. Mengapa? Karena ia sudah banyak mendengar tentang Yesus tapi belum pernah berjumpa langsung dgn NYA.

Kedatangan Yesus diharapkan bisa mengobati rasa penasaran Herodes. Tapi, sikap Herodes itu adl seperti sikap seorg penonton pertunjukan sulap. Ia mengharapkan Yesus tapi hanya karena ingin menyaksikan kuasa & mujizatnya saja. Namun, Yesus bukanlah tukang sulap. Ia menolak melakukan mujizat hanya utk menyenangkan orang lain.

Ironisnya, bukankah kadang org Kristen juga bersikap seperti itu? Kita menganggap Tuhan hanya seperti tukang sulap. Jika kita datang kpd NYA, maka IA harus melakukan apa yg kita harapkan akan IA lakukan. Bahkan ada anak Tuhan yg saat berdoa masih seperti "menantang Allah". Jika Kau memang Allah, lakukanlah mujizat bagiku" kata mereka. Kita merasa karena DIA Allah yg penuh kuasa, dimana tak ada yg mustahil bagi DIA, maka ketika kita berdoa & datang kepada NYA, IA harus melakukan mujizat menolong kita.

Jika sikap seperti Herodes itu yg kita miliki saat berdoa & datang kpd NYA, jgn heran jika Tuhan justru tdk berbuat apa2. Tuhan bukanlah tukang sulap. Kuasa & mujizat NYA bukan utk membuat kita senang / puas apalagi sekedar utk membuat kita terkesan. Bukan karena IA kurang kuasa NYA sehingga IA tdk menunjukkan kuasa NYA, tapi mungkin karena sikap kita yg masih keliru.

MUJIZAT TUHAN BUKANLAH UTK MENYENANGKAN KITA, TAPI UTK MEMULIAKAN BAPA DISURGA

Maznyr 37:3
3 Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia,  

Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus dan Tuhan mengasihi selalu.

No comments: