Saturday, June 4, 2016

Mengubah Beban Menjadi Berkat


Suatu siang Sadhu Sundar Singh penginjil India, berjalan di Himalaya bersama seorg temannya. Cuaca sangat buruk dan dingin. Sore tiba dgn cepat dan temannya memeringatkan bhw mrk hrs tiba di tujuan sblm malam.

Ketika mrk melalui jalan setapak di atas jurang kecil, mrk mendengar rintihan, seorang pria telah jatuh dan terluka parah. Teman Sadhu berkata, “Jangan berhenti. Tuhan telah menempatkan dia dlm karmanya. Ia harus menyelesaikannya sendiri. Mari kita bergegas sblm kita juga mati.”

Tetapi Sadhu menjawab, “Tuhan mengirimkan aku ke sini utk menolong saudaraku ini.  Aku tdk bisa mengabaikannya.” Sadhu menuruni jurang, sementara temannya melanjutkan perjalanan.

Ternyata pria itu tdk bisa jalan krn patah kaki. Sadhu mengikat org itu di punggung dgn mantelnya. Mulailah ia merangkak naik dgn penuh penderitaan.

Tiba di jalan setapak tadi, Sadhu telah mandi keringat.  Dengan susah payah ia menembus kegelapan dan salju yg menebal.

Ia berusaha kuat walaupun rasanya hampir pingsan kelelahan. Akhirnya ada cahaya lampu. Mendadak ia hampir jatuh tersandung. Sadhu berlutut dan menyingkirkan salju, ternyata ia tersandung oleh tubuh rekannya yg mati membeku kedinginan!

Sadhu selamat justru krn ia menolong pria asing itu. Dengan menggendong beban berat, Sadhu berkeringat dan ketika tubuh Sadhu bersentuhan dgn  tubuh pria itu, tubuh mrk berdua menjadi hangat.

Lama setelah itu, seorg murid bertanya pd Sadhu, “Apa hal yg paling sulit dlm dunia ini?”  Sadhu menjawab, “Tidak memiliki beban utk dibawa.”

Memiliki beban ternyata membuat kita “hidup” bukan beban dosa atau masalah akibat kesalahan kita sendiri, melainkan mungkin org tua yg perlu dirawat, pasangan yg sulit, anak yg bermasalah dll.

Pengorbanan kita bagi orang lain, ternyata justru menolong kita sendiri, *"TUHAN DAPAT MENGUBAH SEBUAH BEBAN/ MASALAH  MENJADI BERKAT"*
😇

No comments: