Wednesday, June 8, 2016

Peran Relasi


2 kakak beradik ini hampir setiap hari bertengkar. Sepertinya mereka selalu punya sesuatu utk diributkan. Org tua mereka sampai sakit kepala dibuatnya. Suatu kali anak yg lebih tua diajak kerabatnya mengisi libur panjang dikampung selama seminggu. Apakah adiknya merasa senang setelah kakaknya tdk lagi ada utk merecokinya? Ternyata tdk, anak kecil ini justru menangis dgn sedih karena kesepian tanpa sang kakak. Pernahkah anda menemui pengalaman seperti ini ?

Tuhan memberikan kpd kita org2 yg berperan besar dlm hidup kita mereka adl org2 yg penting artinya bagi kita. Org2 ini mungkin merupakan pasangan hidup kita, org tua, saudara, sahabat, rekan kerja, dsb. Saat pikiran sedang terpusat pada diri sendiri, sulit bagi kita utk menyadari arti keberadaan mereka. Seringkali saat kita sadar, mereka tak ada lagi. Saat itu baru kita merasa ada sesuatu yg hilang dari hidup kita.

Berdua lebih baik drpd seorg diri. Ini bicara ttg relasi dgn sesama manusia. Di dlm sebuah relasi, kita belajar utk melakukan byk hal bersama2, saling menopang & melengkapi. Meskipun mungkin kita kerap berdebat bahkan bertengkar, meskipun mereka sering membuat jengkel, tapi bayangkan jika mereka tdk ada, mungkin kita tdk akan mengalami kemajuan.

Natan pernah mengingatkan Daud dgn keras. Natan bahkan menubuatkan anak Daud akan mati. Mungkin kejadian itu sangat tdk enak bagi Daud. Tapi tanpa Natan, Daud bisa jadi tak akan bertobat & makin jatuh dlm dosanya. Lihat sekeliling kita, siapakah org2 yg Tuhan taruh dlm hidup kita saat ini? Jika sebelumnya kita tak begitu memandang penting keberadaan mereka, ubah hal itu. Selagi ada kesempatan, berikanlah mereka perhatian, kasih & penghargaan, sebab kita tdk bisa seperti sekarang ini tanpa mereka.

Tetap semangat dlm Tuhan dan Tuhan Yesus mengasihi selalu.

No comments: