Monday, November 16, 2015

Bahagia

BAHAGIA

Setiap orang pasti ingin bahagia. Segala cara ditempuh banyak orang utk bisa berbahagia. Namun, ketika kita sudah menemukan kebahagiaan, kita masih merasa tidak bahagia & menginginkan kebahagiaan yg lainnya. Hal ini terjadi karena kita memiliki sudut pandang yg keliru tentang kebahagiaan.

Kebahagiaan kerap dilihat sebagai tujuan, sehingga kita baru bisa berbahagia setelah tujuan itu tercapai. Padahal setiap kali situasi berubah maka makna kebahagiaan juga berubah. Contoh, saat masih bersekolah, kita berpikir kita akan bahagia kalau bisa lulus dgn nilai baik. Setelah itu terjadi, kita lalu berpikir akan bahagia kalau diterima kerja ditempat kerja yg bagus. Lalu, kita akan bahagia kalau kaya, kemudian berubah lagi, akan bahagia kalau punya karir, menikah. Dst.

Nyatanya, ketika kita mengejar kebahagiaan dalam wujud seperti diatas, kita tidak pernah benar2 bahagia. Sebab ketika kita mencapai tujuan itu, dengan mudah kita tidak lagi merasa bahagia & harus segera mengejar kebahagiaan yg lain. Itu hidup yg sungguh menderita karena kita hidup dari keinginan ke keinginan lain.

Kebahagiaan bukanlah nanti ketika kita mencapai tujuan. Kebahagiaan bisa kita rasakan saat ini juga, tidak peduli seperti apapun situasi & kondisi kita. Mazmur 37:4 meminta kita utk bergembira, bukannya mencari jalan mencapai kebahagiaan. Kebahagiaan bukan sesuatu yg dicari melainkan diciptakan. Kebahagiaan bukan tujuan, kebahagiaan adl perjalanan hidup itu sendiri. Kebahagiaan itu sesungguhnya tanpa syarat. Saat ini juga kita bisa memilih utk bahagia.

Mazmur 37:4 ~ dan bergembiralah karena Tuhan, maka IA akan memberikan kepadamu apa yg diinginkan hatimu.

No comments: