Tuesday, December 8, 2015

Sok Tahu


Pernahkah anda pergi bersama2 dgn org yg sok tahu ? Belum pernah pergi kesana tapi bersikap seolah-olah tahu jalan menuju ke tempat itu. Jika memang tdk hafal jalan, apalagi belum pernah kesana, bukankah semestinya kita cukup rendah hati utk dituntun oleh org yg tahu rute jalan?

Daud adl org yg sangat rohani. Daud juga sangat bijaksana dlm mengambil berbagai macam keputusan. Pengalamannya dgn Tuhan juga sangat banyak. Ia sudah makan asam garam kehidupan karena berbagai macam proses kehidupan pernah ia jalani. Meski demikian, Daud tidak pernah menjadi sombong & merasa sok tahu. Didalam doanya Daud justru memohon kpd Tuhan agar DIA memberitahukan & menunjukkan jalan yg harus ia tempuh. Kerendahan hati Daud itulah yg membuat ia berhasil.

Tuhan adl Gembala yg baik. Tuhan jelas akan memberitahukan & menunjukkan kpd kita jalan2 mana yg harus kita tempuh. Tuhan pasti membimbing & menuntun kita dijalan NYA. Masalahnya, apakah kita cukup rendah hati utk mengikuti arahan Tuhan?  Ataukah sebaliknya, kita merasa mampu, bisa & sok tahu dgn jalan hidup kita sendiri? Bukankah kita tdk memiliki kuasa atas hidup kita, walaupun itu hanya 5menit yg akan datang?

Jika kita tdk punya kuasa atas hari esok, mengapa kita terlalu angkuh utk tdk melibatkan Tuhan didalam segala jalan hidup yg akan kita tempuh? Andalkan hikmat & pengalaman kita sendiri, maka kita akan tersesat. Andalkan tuntunan & arahan Tuhan, maka kita akan selamat.

Mazmur 25:4 ~ Beritahukanlah jalan-jalan MU kpdku ya Tuhan, tunjukkanlah itu kpdku.

No comments: