Saturday, December 19, 2015

Jangan Berlebihan


Meski dari terminal bus sudah penuh, tapi sepanjang jalan bus terus mengangkut penumpang. Akibatnya saat bus menikung disatu jalan menurun, bus hilang kendali & menabrak rumah penduduk. Mungkin ini hal klasik dlm dunia transportasi kita.  Karena ingin meraih untung, maka para sopir / perusahaan angkutan memaksakan diri mengangkut beban melebihi muatan.

Tdk hanya dalam transportasi, sikap memaksakan diri mengambil sesuatu yg melebihi kapasitas juga terjadi dibanyak bidang. Org kegemukan sebagian karena suka makan berlebihan. Org terlilit utang, krn pengeluarannya berlebihan. Yg lain jatuh sakit krn bekerja berlebihan & tak kenal istirahat.  Berlebihan, itulah masalahnya.

Jangan salah, bekerja itu baik, tapi bekerja berlebihan hingga mengabaikan kesehatan & tdk ada waktu utk keluarga, itu tdk baik. Makan enak itu bukan dosa, namun makan sampai berlebihan itulah yg keliru. Belanja itu sah2 saja. Tapi, jika belanja berlebihan hingga besar pasak dari tiang, itu sama saja menggali masalah sendiri.

Efesus 5:5 berkata, salah satu jenis org yg tdk mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus adl org serakah. Org serakah adl org yg tdk pernah mengenal kata puas & selalu ingin sesuatu secara berlebihan. Dan biasanya, org yg suka berlebihan & serakah ini krn ia selalu fokus pada dirinya sendiri. Selain itu, ia juga kurang bisa bersyukur & justru selalu membandingkan dirinya dgn org lain dlm segala hal (Ibrani 13:5). Berapapun yg kita terima, itu bisa berlebih, cukup atau kurang, tergantung cara kita mengelolanya.

♓ανε ª Ŋĭcέ ðå♈

No comments: