Friday, August 26, 2016

Panca Indera Rohani


Manusia dikaruniai 5 panca indera : penglihatan (mata), pendengaran (telinga), penciuman (hidung), pengecap (lidah) & peraba (kulit). Jika salah satu dari indera itu bermasalah, kehidupan kita sehari2 jelas akan sangat terpengaruh. Ketika seorg bayi baru lahir, indera2 itu belum sepenuhnya sempurna, tapi seiring waktu & seiring pengalaman yg dialami dlm hari2nya, indera itu akan dpt berfungsi sempurna, dpt membedakan, mengenali serta merasakan mana yg baik & buruk bagi dirinya.

Kehidupan rohani pun demikian. Paulus menyebut jemaat Korintus sebagai bayi (1Kor 3:2) dimana ini menunjukkan kpd bagaimana mereka masih kurang peka dlm mengenali mana pemikiran duniawi & mana pikiran Kristus. Bahwa mereka masih meributkan siapa yg memimpin mereka, apakah Paulus, Apolos atau Petrus, menunjukkan bahwa mereka masih melihat secara duniawi & bukan melihat sebagaimana Kristus.

Lalu bagaimana ciri anak Tuhan yg telah memiliki kedewasaan dlm panca indera rohaninya?
(1) kita peka mana yg harum & yg busuk. Yg harum bagi Tuhan adl kesaksian kita akan DIA yg kita sebar kemana2 (2 Kor 2:14-15). Ini berbicara tentang hidup yg rindu utk selalu bersaksi tentang Kristus.
(2) Kita tdk hanya melihat dari yg tampak atau hal2 lahiriah saja (Fil 3:3-4) tapi kita melihat segala sesuatu dari cara pandang Allah.
(3) kita memiliki telinga yg mau mendengar suara Gembala & bisa membedakan dgn suara lain (Yoh 10:27) ini bicara tentang hati yg mengenal kebenaran, yg didptkan dari gemar mendengarkan Firman Tuhan.
(4) apapun yg terjadi kita bisa selalu mengecap kebaikan Allah (Maz 34-9). Ini adl tentang hidup selalu bersyukur.
(5) kita menjadi pribadi yg bisa menyentuh & disentuh Tuhan. Ini bicara tentang iman seperti wanita yg disembuhkan dgn menyentuh jubah Yesus (Mat 9:21). Ini juga berbicara tentang keintiman, dimana kita peka saat Tuhan mau kita melakukan sesuatu utk DIA.

Panca indera rohani akan berfungsi sempurna saat kita mau selalu di ajar dan di latih oleh Yesus.. GBU all.

No comments: