Thursday, August 11, 2016

Jiwa Yang Kosong


Di Jepang ada layanan bernama rui-katsu. Ini adl layanan berbayar demi menemani menangis. Dilakukan pria2 tampan yg bersedia datang ke rumah wanita yg sedang sedih.  Pria2 itu akan siap menemani wanita itu menangis demi meredakan stres. Kalaupun si pria tdk bisa menangis, pria itu akan membuat wanita itu menangis dgn menyiapkan film / lagu2 sedih. Ketika si wanita sudah mulai menangis, pria itu dgn telaten akan menyeka air matanya dgn lembut. Berapa harga layanan tsb? Hampir 1jt rp dlm sekali kunjungan. Di Amerika layanan sejenis namany Cuddle Connection. Layanannya meliputi jasa teman curhat & pemberi pelukan. Dlm 1 bulan omzetnya bisa mencapai ratusan juta rp.

Susah menjelaskan fenomena apa yg menghinggapi manusia modern seperti sekarang ini sehingga berani membayar begitu mahal demi sebuah pelukan & teman menangis. Bagaimanapun juga,  itu menunjukkan sebuah fakta yg tdk bisa ditutup-tutupi lagi bahwa manusia byk yg mengalami kesepian & kekosongan di dlm jiwanya.

Mungkin kita belum mengalami stres dlm tingkatan yg seperti itu. Namun kadang kala kita pun kerap merasa kesepian & merasa hampa. Pelarian macam apapun tdk akan pernah bisa mengisi kekosongan itu. Percayalah, ruang kosong itu hanya bisa diisi oleh Tuhan, bukan oleh manusia. Karenanya solusi terbaik utk jiwa yg kering & hidup yg hampa adl mengijinkn Kristus masuk dlm hati & berkuasa penuh atas jiwa kita. Persis seperti perempuan Samaria yg jiwanya tdk pernah puas dgn suami2nya. Jiwanya benar2 dipuaskan setelah ia bertemu dgn Yesus (Yohanes 4:1-42).

Hanya dengan berjumpa dg Yesus secara pribadi & mengijinkan DIA tinggal dlm hati dan seluruh hidup kita, itulah kunci nya.

Mazmur 139:14
Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

No comments: