Wednesday, August 24, 2016

Gagap Teologi


Dewasa ini kita kerap dihadapkan dgn ajaran yg aneh2. Seorg pemimpin rohani mendapat pesan Tuhan bahwa Yesus akan datang pada hari tertentu di tempat yg sdh ditentukan. Yang tak habis pikir, begitu mudah jemaat tersebut dibodohi. Inilah yg disebut gagap teologi, tidak memiliki pengetahuan yg mendalam tentang iman kekristenan.

Jangan jadi org Kristen yg gampang di ombang ambingkan dgn rupa2 pengajaran palsu. Jangan tertipu dgn serigala buas yg menyamar sebagai domba (Matius 7:15). Bagaimana kita bisa mengenali sebuah ajaran itu sesat atau tidak? Pertama Jangan mudah percaya dgn hamba Tuhan yg mengaku dirinya nabi & mendengar suara Tuhan secara langsung.  Itulah pentingnya kita menguji roh (1Yoh 4:1). Kedua, jangan percaya jika "suara Tuhan" yg disampaikan itu jelas2 bertentangan dgn Firman Tuhan yg tertulis (2Tim 3:16). Ketiga, jangan percaya jika "suara Tuhan" itu mendatangkan ketakutan, kegelisahan & hilang damai sejahtera (2Tim 1:17) keempat, dari buahnyalah kita mengenal apakah mereka hamba Tuhan atau nabi palsu (Matius 7:20).

Jika kita gagap teologi, kita akan jadi mangsa empuk nabi2 palsu ini. Namun jika kita "melek teologi" maka kita akan bisa membedakan mana yg asli & mana yg palsu, mana yg suara Tuhan & mana yg "suara jadi2an". Melek teologi tdk berarti kita harus sekolah teologi, tapi apakah kita punya pengetahuan yg benar tentang Alkitab sehingga hal itu menjadi standar acuan utk membedakan mana yg benar & mana yg salah. Bertekunlah dalam membaca Firman Tuhan. Sediakan waktu utk bergaul intim dgn Tuhan melalui doa. Inilah yg membuat kita sebagai domba bisa membedakan mana Gembala Agung & gembala palsu.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus dan Tuhan mengasihi.

No comments: