Monday, March 21, 2016

Roh Berdoa Untuk Kita


"Roh berdoa utk kita". Mungkin kita sdh sering mendengar ayat dlm Roma 8:26 ini. Kita bahkan sering mengutipnya. Namun, sadarkah anda bahwa makna ayat ini sesungguhnya begitu indah? Bayangkan ketika seseorg krn shock atau beban begitu berat tdk sanggup berdoa, Roh Kudus sendirilah yg akan berdoa kpd Allah utk menyampaikan keluhan2an kita. Dlm bahasa Yunani kata membantu adl "sunantilambetai" yg merupakan gabungan 3 kata. Bagian pertama adl "sun". Ini menghubungkan kita dgn seorg yg lain. Ketika awalan "sun" ditambahkan maka ini menggambarkan 2 atau lebih dari 2 org bekerja bersama-sama utk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Ada kerjasama, saling menolong. Selanjutnya Paulus menggunakan kata kelemahan. Namun Paulus tdk menulis ttg kelemahan jasmani, ia berbicara ttg kelemahan rohani. Kita tdk tahu bagaimana seharusnya berdoa. Ini menekankan bahwa kita tdk tahu bagaimana mendoakan hal2 yg kecil, apalagi hal2 besar.

Roma 8:26 (Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan).

ini melegakan kita. Mungkin kita bingung krn harus mendoakan 2 hal yg bertentangan & kita tdk yakin mana pilihan yg benar atau salah. Misalnya mendoakan org yg sekarat, apakah harus mendoakan supaya ada mujizat kesembuhan atau minta Tuhan melepaskan penderitaannya?  Ketika kita bingung dlm membuat pilihan & tdk tahu bagaimana harus berdoa, maka Roh Kudus akan mengambil alih. Bukankah Roh Kudus adl penolong yg luar biasa? Roh Kudus adl mitra doa kita yg setia

DOA TERBAIK ADL DOA YG MELIBATKAN ROH KUDUS DIDALAMNYA.

┏┉┄┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┉┓ 
┆GODBLESSYOU 
└┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

No comments: