Saturday, March 5, 2016

Gadis Bijaksana & Gadis Bodoh


Perumpamaan ttg 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh kerapkali diartikan halnya ttg Kerajaan Surga. Dimana para calon mempelai masing2 mempersiapkan dirinya sedemikian rupa utk menyongsong mempelai pria. (Mat 25:1-13)
Sahabat yg terkasih dan dikasihi Tuhan, bukankah perumpamaan diatas adl gambaran dari kehidupan nyata anak2 Allah? Saat ini sering kita dengar entah melalui kotbah di gereja, entah melalui berita2 dimajalah rohani yg kita baca, maupun melalui tanda2 kejadian yg terjadi didunia yg menyimpulkan bahwa saat ini kita hidup di akhir dari akhir jaman.

Sebenarnya apa yg menjadi faktor penyebab kegagalan dan kesalahan 5 gadis bodoh, sehingga tdk dpt masuk ke dalam Kerajaan Allah? Bukankah 5 gadis bodoh menyiapkan pelita juga? Tetapi tdk membawa minyak. Bukankah saat kehabisan minyak 5 gadis bodoh sdh berusaha meminta kpd 5 gadis bijaksana? 5 gadis bodoh berusaha membeli minyak kpd tukang penjual minyak.

Pelita melambangkan firman Tuhan, minyak melambangkan Roh Kudus. Artinya dlm firman Tuhan kita harus bnr2 mempersiapkan Roh Kudus. Tanpa Roh Kudus yg memimpin, menolong, menasehati, mengajar dan menegur kita dg kasih, maka firman Tuhan akan berlalu begitu saja. Tdk tertanam dlm hati kita yg terdalam, berakar kuat, bertumbuh dan berbuah. Sia-sialah semua nya itu.
Faktor lain penyebab kegagalan 5 gadis bodoh adl melewatkan waktu Tuhan / kairos Tuhan sehingga saat kembali ke ruang perjamuan tsb pintu sdh tertutup.

Saudara terkasih dlm Yesus Kristus. Jangan sia-siakan firman Tuhan, Roh Kudus dan waktu Tuhan. Oleh karena itu waspada, berjaga-jagalah menantikan Tuhan datang dlm waktu yg tdk terduga dg mempersiapkan diri tinggal melekat dlm kebenaran firman Tuhan dan Roh Kudus.

Tuhan Yesus memberkati.

No comments: