Tuesday, March 1, 2016

Black Box


Setiap pesawat selalu dilengkapi dgn black box atau kotak hitam yg merupakan perangkat perekam data penerbangan seperti tekanan udara & kondisi cuaca selama penerbangan dan perekam pembicaraan antara pilot dgn pemandu lalu lintas udara atau air traffic control. Walau dinamakan kotak hitam, sebenarnya kotak perekam itu berwarna oranye agar memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Mungkin kita bertanya2 apa gunanya kotak hitam itu bagi penumpang selama penerbangan, toh kotak hitam itu hanya merekam peristiwa kecelakaan yg terjadi & tdk bisa menyelamatkan penumpang jika terjadi kecelakaan. Memang kotak hitam itu tdk bisa menyelamatkan penumpang dari kecelakaan, tapi melalui kotak hitam itu para ahli keselamatan udara dpt mempelajari kesalahan yg terjadi dimasa lalu sehingga kesalahan tsb tdk terulang kembali.

Paulus bak ahli keselamatan udara yg membongkar data kotak hitam perjalanan bangsa Israel saat mereka berada di padang gurun. Perjalanan bangsa Israel diwarnai dgn byk "kecelakaan" yg menyebabkan mereka tewas di padang gurun. Penyebabnya : melakukan yg jahat, menyembah berhala, mencobai Tuhan, bersungut2 & melakukan percabulan. Paulus berusaha mengingatkan jemaat Korintus agar tdk mengulang kesalahan yg dilakukan oleh bangsa Israel dimasa lampau.

Tdk hanya bagi jemaat Korintus saja,  "kotak hitam" yg dibongkar Paulus itu juga berguna bagi kita yg hidup di zaman akhir telah tiba (1 Kor 10:11). Memang kita bisa belajar dari kejatuhan kita di waktu lalu, tapi lebih bijak lagi jika kita bisa belajar dari kejatuhan org lain sehingga kita tdk perlu mengalami sakitnya jatuh sendiri. Bagaimana kita bisa belajar dari kesalahan org lain? Jgn pernah menyangka bahwa kita sdh teguh berdiri & tdk mungkin jatuh. Kesombongan membuat kita tdk bersedia belajar dari kesalahan org lain & itu membuat kita gampang jatuh.

GODBLESSYOU ┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

No comments: