Friday, October 30, 2015

Tak Masuk Akal

TAK MASUK AKAL

Hal penting apakah yg menjadi pertimbangan ketika kita bermaksud membeli sebidang tanah /rumah? Yg utama tentu saja lokasi & lingkungan yg aman. Selanjutnya kita akan memikirkan nilai investasi, seperti apa prospek tanah itu beberapa tahun kemudian. Dan ketika melihat tanah itu berada dlm lingkungan yg tdk sesuai dgn pertimbangan kita, kita pasti urung membelinya. Pertimbangan seperti ini sangat masuk akal.

Yeremia pernah mengalami dilema serupa. Tuhan berfirman kpd nya agar membeli tanah di Anatot. Awalnya, Yeremia seperti kita, punya byk pertimbangan ttg tanah itu. Pasalnya, saat itu Yerusalem, kota dimana tanah Anatot berada sedang dikepung tentara Babel. Bahkan kemungkinan besar tanah itu sudah dikuasai oleh Babel. Jadi tdk ada untungnya membeli tanah itu.

Membeli tanah di Anatot tentu saja tdk menjamin bahwa tanah itu bisa dimanfaatkan. Tetapi karena Tuhan yg menyuruhnya, Yeremia pun bertindak tak masuk akal dgn membeli tanah itu. Dengan membeli tanah serta menyimpan surat2 tanah dalam sebuah bejana tanah (agar tdk rusak) Yeremia telah menunjukkan iman bahwa suatu saat Anatot akan bebas dari penguasaan Babel & tanah itu akan menjadi tanah milik yg bisa diperjualbelikan lagi oleh nabi Yeremia sesuai yg dikatakan Tuhan.

Ketaatan kpd Firman Allah seringkali tampak tdk masuk akan bagi penglihatan org2 didunia ini. Begitupun bagi penglihatan kita. Tetapi jika kita mempercayai Firman Allah, kita pasti akan menunjukkan iman kita dgn melakukan Firman Tuhan yg tampak tdk masuk akal itu. Saat kita memutuskan hidup sesuai Firman Tuhan, Tuhan pasti membela kita.

JIKA KITA PERCAYA KPD TUHAN, KITA AKAN TAAT KEPADA-NYA, SEKALIPUN MELAKUKAN SESUATU YG TIDAK MASUK AKAL


No comments: