Thursday, October 15, 2015

Rencana & Tuhan

RENCANA & TUHAN

Apa jadinya jika seseorg hidup tanpa perencanaan? Dalam hidup rasanya setiap manusia pasti selalu membuat rencana. Perencanaan menunjukkan bahwa kita bertanggung jawab terhadap hidup kita. Firman Tuhan melalui Yakobus menjelaskan bahwa perencanaan yg baik adalah suatu keharusan, tapi bukan segala-galanya.

Perencanaan yg baik adalah satu hal, namun bagaimana perencanaan itu tergenapi, adalah hal lainnya. Karena itu, perencanaan yg baik bukan segala-galanya, tapi Tuhanlah segala-galanya. Tuhanlah yg menentukan keberhasilan dari suatu rencana. Amsal 16:9 berkata "Hati manusia memikirkan jalan-jalannya, tetapi Tuhan yg menentukan arah langkahnya".

Mengikuti kehendak Tuhan artinya bahwa kita setuju dengan apapun yg terjadi yg dikehendaki NYA dalam hidup kita. Kesadaran akan hal ini akan memberi kita pemahaman bahwa adalah baik jika kita telah memiliki rencana yg kita susun rapi namun, itu barulah langkah awal. Yang terutama adalah meminta pimpinan Tuhan, bukan saja untuk keberhasilan sebuah rencana, tapi juga dalam penyusunannya.

Kehendak Tuhan adalah jauh lebih baik daripada perencanaan2 kita. Rencana yg kita susun dengan rapi bisa saja gagal terwujud dalam hidup kita, tetapi dibalik itu Tuhan telah menyiapkan rencana NYA & itu adalah terbaik untuk kita. Jadi, mengapa harus ragu untuk berjalan mengikuti rencana Tuhan yg pasti akan berujung pada kebaikan & kemuliaan?

Yakobus 4:15 ~ sebenarnya kamu harus berkata "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini & itu".

No comments: