Saturday, July 30, 2016

Embun Berkat


Embun memberikan banyak lambang. Lambang kesegaran, lihat saja betapa segarnya taman bunga dipagi hari. Lambang kesuburan, tanah mendapat siraman air dari langit. Lambang kehidupan, dimana ada embun disitu ada kehidupan & satu lagi Lambang berkat. Saat Ishak memberkati Yakub, ia berkata "Allah akan memberikan kepadamu embun dari langit & tanah2 gemuk dibumi & gandum serta anggur berlimpah-limpah" (Kejadian 27:28). Mazmur 133 juga menggambarkan berkat Tuhan seperti embun gunung Hermon yg turun ke atas Sion. Jgn lupa Tuhan memberkati & memelihara umat Israel dgn roti manna yg datang seperti embun beku (Keluaran 16:14).

Karakteristik embun adl setiap pagi datang, tapi secepat itu juga menguap. Seperti itulah sesungguhnya berkat. Setiap hari Tuhan menyediakan berkat bagi kita. Namun demikian kita harus ingat bahwa berkat itu sendiri bersifat sementara. Tidak bisa kita genggam erat & berharap tetap ada di genggaman kita. Nikmatilah embun berkat tapi jangan terikat, apalagi menyandarkan hidup kita kpdnya.

Ketika semua mengharapkan hidup yg diberkati Tuhan bak embun dari langit yg setiap hari membasahi bumi. Tidak ada yg salah dgn keinginan tsb. Bahkan itulah kehendak Bapa bagi anak2 NYA. Setiap hari Tuhan menyatakan berkat & pemeliharaan NYA atas kita. Hanya saja, jgn sampai kita terpikat dgn embun sampai2 kita lupa kpd Yang Menurunkan embun itu. Apalagi sampai serakah terhadap embun itu, seperti yg dilakukan bangsa Israel ketika mereka mengumpulkan manna lebih dari yg seharusnya. Akibatnya sia-sia. Embun beku manna itu membusuk. Berkat Tuhan adl utk kita nikmati, tapi Tuhanlah yg tetap harus kita utamakan.

Mazmur 23:6
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus dan Tuhan mengasihi selalu.

No comments: