Wednesday, July 27, 2016

Amnesia Rohani


Tokoh Jason Bourne hadir dlm beberapa sekuel film action yg terkenal. Jason Bourne adl seorg agen rahasia yg mengalami amnesia & tdk ingat jati dirinya tapi msih ingat berbagai skill bela diri, memakai senjata & bahasa asing. Menariknya saat Jason sadar siapa dirinya (seorg yg telah byk membunuh org) ia sedih karena ternyata ia bukan org baik.

Dalam hal rohani, tdk ingat akan akan jati diri itu sering kali terjadi. Banyak anak Tuhan seolah lupa bahwa dirinya pengikut Kristus. Saat ditempat kerja tak segan melakukan bisnis yg melanggar Firman Tuhan. Mereka juga seolah tdk sadar bahwa diri mereka adl terang & garam dunia, sehingga mereka cuek saja melihat lingkungannya terus dm "gelap". Yg lain lagi seolah sudah lupa bagaimana Tuhan berulang kali menolong mereka sehingga setiap berhadapan dgn masalah, yg mereka lakukan pertama kali adl mengeluh & khawatir.

Renungan hari ini kiranya menyadarkan kita dari amnesia rohani yg kerap kita alami. Semoga kita tdk justru kecewa saat menyadari hakikat & identitas kita yg sebenarnya. Hakikat kita adl anak Tuhan yg semestinya memiliki cara hidup & visi yg merepresentasikan Kristus.
2 Korintus 5:10
Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Hakikat kita juga adl terang & garam dunia dimana keberadaan kita harus membawa dampak bagi org2 disekitar kita (Matius 5:13-14).

Jika selama ini kita masih "amnesia",  Kolose 3:2 berkata : Pikirkanlah perkara2 diatas bukan yg dibumi, agar kita selalu sadar akan hakikat kita. Pikirkan, ingat selalu & biarkan tindakan kita selalu terarah pada identitas asli kita, yaitu bahwa kita adl wakil Kristus yg harus menggarami & menerangi dunia ini.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus dan Tuhan mengasihi selalu.

No comments: