Friday, September 2, 2016

Old Tjikko


Di Swedia, ada pohon bernama Old Tjikko. Sekilas pohon ini tak jauh beda dgn pohon lain disekitarnya tingginya hanya sekitar 5m. Diameter batangnya pun tak lebih dari 1/2m. Daunnya pun hanya merimbuni bagian atas pohon tsb. Namun, jgn terkecoh dgn ukurannya itu. Pohon Old Tjikko ini adl pohon istimewa krn para ahli geografi meyakini pohon tsb sudah berusia lebih dari 9.550 thn. Memang pohon ini pernah mati ratusan thn. Namun, sistem akar yg selalu menyentuh tanah mampu tumbuh lagi & bertahan hidup hingga ribuan tahun.

Tuhan tdk pernah menjanjikan langit selalu biru, kesukaan tanpa airmata & bunga2 mekar tanpa layu. Menjadi org percaya bukan jaminan bahwa perjalanan kehidupan ke depan akan bebas hambatan.  Menjadi org percaya bukan jaminan pergumulan hidup akan terselesaikan semudah membalikkan tangan. Namun, setiap org percaya hendaknya selalu melekat pada Tuhan krn DIA menjanjikan kekuatan. Tuhan juga tak akan pernah meninggalkan kita sendirian krn DIA menjanjikan penyertaan disetiap pergumulan. Itu sebabnya Tuhan. Mengajar kita utk selalu ber'akar' pada Firman NYA supaya kita kuat bertahan ditengah penindasan & penganiayaan.

Dalam Matius 13:21, Tuhan Yesus memberikan perumpamaan bahwa org yg tdk melekat pada Firman NYA adl seperti benih yg ditabur ditanah berbatu. Benih ini hanya bertahan sekejap lantaran tak berakar. Apabila datang penindasan & penganiayaan maka murtadlah ia krn tak memiliki akar.

Pohon Old Tjikko mampu bertahan ribuan tahun krn akar yg kuat. Namun, anak Tuhan akan bertahan bukan hanya ribuan melainkan kekal selamanya jika berakar kuat pada Firman NYA. Kehidupan anak Tuhan yg berpaut pada Kristus akan dpt bertahan menghadapi segala tantangan.

Yohanes 15:5  
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Tetap semangat di dlm Tuhan Yesus dan Tuhan mengasihi selalu.

No comments: