Thursday, September 29, 2016

Anak Abraham


Salah satu lagu pujian Sekolah Minggu adl "Bapa Abraham" : Bapa Abraham mempunyai banyak sekali anak2. Aku anaknya, engkau juga, mari puji Tuhan... Sebenarnya lagu ini punya makna rohani yg sangat dalam. Lagu ini mengandung janji2 Allah yg begitu besar, yg ditujukan kpd setiap org percaya, utk menikmati berkat Abraham.

Di dalam Alkitab, hanya 1x Allah melakukan sumpah, yaitu saat DIA bersumpah utk memberkati Abraham & keturunannya. Jika Tuhan tdk pernah lalai menepati janji NYA, terlebih lagi jika Tuhan sampai bersumpah demi diri NYA sendiri. Karena itu, soal sampai tdknya berkat Abraham kpd kita, bukan tergantung Allah (sebab DIA sudah bersumpah) melainkan tergantung diri kita sendiri. Pada kenyataannya, kita bahkan lupa kalau kita adl anak Abraham yg berhak mewarisi janji2 Allah itu. Jika kita sendiri tdk memposisikan diri sebagai anak Abraham, bagaimana mungkin kita bisa mewarisi berkat Abraham?

Kita kerap menyanyikan lagu "Bapa Abraham", namun kita lupa bahwa kita adl bagian dari keluarga Abraham. Hal ini seperti seorg anak konglomerat tapi hidup menderita & kekurangan krn tdk mengenal identitasnya sendiri sebagai ahli waris dari konglomerat itu. Bukankah ini menyedihkan? Jika bicara soal berkat Abraham, jgn selalu mengaitkan semuanya itu hanya soal berkat & materi saja. Memang benar bahwa berkat Abraham juga meliputi soal keuangan, namun lebih dari itu berkat Abraham menyentuh seluruh aspek dlm hidup kita. Terutama berkat2 rohani, sebab kitapun sebenarnya bisa mewarisi iman Abraham juga. Mengenal identitas diri sebagai anak Abraham membuat hidup kita menjadi berbeda. Anak Abraham akan menikmati berkat Abraham. Sungguh menyedihkan jika anak Abraham gagal mengenal identitas dirinya sebagai pewaris berkat Abraham.
Roma 4:16b ~....sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham,... Sebab Abraham adl bapa kita semua.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus dan Tuhan mengasihi selalu.

No comments: