Thursday, September 15, 2016

Kim Dae Jung


Kim Dae Jung adl presiden Korea Selatan yg berkuasa pada 1998-2003. Pada thn 2000 ia mendpt hadiah Nobel Perdamaian atas kiprahnya dlm usaha menjalin hubungan baik dgn Korea Utara. Dalam satu kesempatan Kim menyatakan "Saya telah hidup & terus hidup dgn keyakinan bahwa Tuhan selalu beserta saya". Penyertaan Tuhan nyata dialami Kim dlm hidupnya. Ia pernah diculik & dibuang ke laut, tiba2 ada pesawat terbang kecil turun & menyelamatkannya. Tuhan mengirim bantuan diluar akal & pikiran. Kim juga pernah divonis hukuman mati, tapi Paus Yohanes Paulus ll mengirim surat & ia mendpt grasi. Yg mengagumkan adl ketika menjadi presiden, ia mengampuni semua lawan politiknya yg pernah hendak membunuhnya.

Diatas salib, Yesus mengampuni org2 yg telah menyalibkannya & berkata "Ya, Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tdk tahu apa yg mereka perbuat" (Luk 23:34). Itu adl satu teladan utk kita semua. Tapi, mungkin ada yg berkilah "Saya kan bukan Yesus? Sayakan hanya manusia biasa. Membaca profil Kim Dae Jung, nyatanya manusia biasa bahkan seorg politikus pun bisa melakukan apa yg telah diteladankan Yesus. Tentu masih banyak org lain, yg semua adl manusia biasa, yg bisa mengampuni musuh2nya.

Hari ini, mungkin ada pihak2 yg menyakiti kita atau bersalah kpd kita. Mungkin juga org itu menyebabkan kita rugi / menderita. Jangan lagi berkilah kita hanya manusia biasa sehingga tak bisa mengampuni karena mengampuni adl perintah Yesus kpd kita (Luk 6:37). Pengampunan membebaskan kita dari segala perasaan negatif akibat kemarahan & dendam. Pengampunan membuat iblis tak bisa memasukkan hal2 jahat ke hati kita. Mengampuni adl kewajiban anak2 Allah.

Lukas 6:37  
"Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.

KASIH Adl sikap hati mengampuni, mendoakan & memberkati.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus dan Tuhan mengasihi selalu.

No comments: