Saturday, September 10, 2016

Kairos


Dalam dunia fotografi, sebuah momen sangatlah penting karena tdk akan pernah bisa diulang. Sekali kita melewatkannya, kita akan kehilangan momen itu utk selamanya. Kita tdk mungkin bisa mendapatkan momen seperti itu lagi. Itu sebabnya hasil foto tdk akan pernah sama. Dunia fotografi itu persis dgn waktu. Tdk bisa diulang lagi.

Bukankah hidup ini juga seperti itu. Kita tdk mengalami terobosan dlm hidup kita, bukan karena Tuhan tdk memberi kita sebuah "kairos" atau momen. Masalahnya, kita melewatkan momen itu begitu saja. Ada kalanya sebuah kesempatan hanya datang sekali & tdk pernah terulang lagi. Kalaupun datang kesempatan kedua, kita harus tahu bahwa kesempatan kedua tdk akan pernah sama persis seperti kesempatan pertama.

Simson mendapat kesempatan kedua, setelah ia menyia-yiakan kesempatan pertama yaitu saat ia memuaskan kedagingannya. Tuhan memberikan dia kekuatan saat ia ditawan oleh org2 Filistin utk dijadikan lawakan. Dgn kekuatan yg Tuhan berikan, Simson merubuhkan penyangga rumah itu sehingga raja2 Filistin & byk org Filistin mati. Namun, Simson pun ikut mati bersama mereka (Hakim 16).

Tuhan kerap membuka pintu kesempatan, sayangnya kadang kala kita kurang peka. Kita tdk melihat pintu itu. Ataupun bila kita melihatnya, inisiatif kita kurang sehingga kesempatan itu lewat begitu saja. Inisiatif kita kurang disebabkan kemalasan kita. Sampai kapan kita minta Tuhan mengulang-ulang terus dlm memberi "kairos" kpd kita? Mari berjaga-jaga & siap sedia sewaktu2 Tuhan menyatakan "kairos" NYA kpd kita.

Tetap semangat dlm Tuhan Yesus & Tuhan mengasihi selalu.

No comments: