Thursday, May 19, 2016

Saat Petrus Hampir Tenggelam


Saat para murid Yesus berlayar & muncul badai, tiba2 tampak satu sosok yg berjalan diatas air. Para murid sempat ketakutan krn mengira itu hantu. Tapi, ternyata itu Yesus yg langsung berkata "Tenanglah, AKU ini, jangan takut" (Mat 14:22-33). Namun ternyata itu belum cukup bagi Petrus. Ia pun merasa sosok itu perlu mbuktikan lebih lagi. Maka Petrus "menantang" jika DIA benar2 Yesus, maka Petrus juga akan bisa berjalan diatas air seperti Yesus. DIA menyanggupinya & benar saja, Petrus benar2 bisa berjalan diatas air. Sayang, itu hanya sebentar. Alkitab mencatat, saat merasakan tiupan angin, Petrus merasa bimbang & mulai tenggelam.

Petrus tenggelam karena bimbang. Namun mengapakah ia bimbang? Apakah karena tiupan angin? Bukan. Yg membuat ia bimbang adl krn Petrus mengubah fokusnya. Fokus awal Petrus sebenarnya Yesus. Namun ketika Petrus mulai berjalan diatas air, fokus Petrus kini adl mujizat itu. Ini terjadi saat Petrus mulai fokus pada kenyataaan bahwa ia mengalami mujizat yaitu berjalan diatas air. Tak heran, sebuah tiupan anginpun sdh bisa menggoyahkan fokusnya & hampir mbuatnya tenggelam.

Hal ini juga bisa terjadi pada kita. Berapa banyak kita yg saat berdoa, awalnya fokus kita adl Tuhan. Tapi, saat perubahan & jawaban itu sdh diberikan, fokus kita tdk lagi pada DIA, melainkan pada jawaban doa itu saja. Misalnya, kita berdoa pada Tuhan utk masalah keuangan kita. Dan begitu keuangan kita mulai lancar, usaha kita mulai laris bahkan mperoleh keuntungan besar sehingga masalah keuangan kita bisa diatasi, fokus kita pun hanya pada hal2 itu. Tdk heran kita pun mudah jatuh & tenggelam dlm masalah yg berbeda lagi. Tetap berfokus pada Tuhan apa pun yg terjadi. Inilah yg seharusnya kita lakukan.

Dalam keadaan baik, bahkan saat mujizat kita alami, kita tdk sombong krn sadar bahwa itu semua karena Tuhan saja. Dalam keadaan buruk, kita tdk mengeluh / meninggalkan Tuhan karena kita sadar bahwa Tuhan adl Sumber Pertolongan & Kekuatan kita.

God Bless U.

No comments: