Tuesday, May 17, 2016

Mengendalikan Hati


Seorg pemuda yg ingin belajar ttg kebijaksanaandibawa gurunya ke sebuah toko patung. Disana ada 3 buah patung yg sangat mirip. Namun guru itu berkata hanya 1 patung yg paling berharga. Pemuda itu disuruh menentukan mana patung itu. Pemuda itu membandingkan ketiganya. Semua bentuknya persis, beratnya sama, dibuat dari bahan yg sama, bahkan bunyi ketika dipukul juga sama. Apa bedanya? Ia menyerah.

Sang guru pun menenggelamkan patung itu ke dlm air. Saat di dlm air itulah, buih udara kluar dari ke 2 telinga patung pertama. Sementara utk patung ke 2, buih udara keluar dari telinga & mulutnya. Sedangkan utk patung ke 3, buih udara keluar dari 1 lubang telinganya saja. Patung ke 3 lah yg paling berharga. Kenapa? Patung ke 3 adl lambang dari org yg bisa menjaga hati. Saat mendengar sesuatu ia tdk mengabaikannya sperti patung pertama yg masuk kuping kiri kluar kuping kanan. Namun, ia juga tak lantas mengumbar semua yg ia dengar seperti patung ke 2 yg berlubang di mulutnya

Intinya adl mengendalikan hati. Org yg tdk bisa mengendalikan hatinya akan jatuh dlm kegagalan. Lihat kisah Simson. Simson membuka rahasia kekuatannya pada Delila krn tdk bisa menahan hatinya. Ada byk kejadian di dlm hidup kita yg kadang mbuat kita seolah tdk lagi bisa menahan hati. Ledakan amarah, caci maki, hingga kekerasan & dosa2 lainnya bisa terjadi ketika kita gagal dlm menahan & mengendalikan hati serta emosi kita.

Bandingkan ini dgn sikap Maria. Beberapa kali Alkitab mencatat saat Maria menghadapi hal yg membingungkan yg mungkin membuat emosinya mluap, Maria justru memilih merenungkan & menyimpan hal itu dlm hatinya (Luk 2:19). Sikap mengendalikan hati serta emosi ini harus dimiliki anak Tuhan. Selalu bertanya dulu pada Tuhan, merenungkan perkara membingungkan / menjengkelkan itu dgn panduan Roh Kudus & Firman Tuhan supaya kita tahu apa yg mesti dilakukan, itu yg harus kita lakukan.

Menjaga hati akan menjaga akan menjaga kita tidak jatuh dlm kesalahan bertindak. Gbu

No comments: