Tuesday, November 21, 2017

Menjadi Pelaku Firman

Menjadi Pelaku Firman

Saya memiliki dorongan dari dalam hati untuk merefleksikan dan mengkoreksi diri saya sendiri jika terjadi suatu hal entah itu hal yg menyenangkan, sukacita, menyedihkan,  membuat jengkel/marah atau kecewa..

Saya berusaha mengambil makna dari suatu peristiwa,  memahami penyertaan, rencana Tuhan maupun didikanNya bagi pribadi saya.

Pernah dalam sebuah pelayanan perbaikan rumah kumuh,  orang yg dilayani bukannya berterima kasih tetapi malah marah dan complain krn pekerjaan yg sudah dilakukan kurang sempurna dan mundur jadual penyelesaiannya. Spontan,  saat itu saya naik pitam,  marah dan ngomel sbb: "Wah tidak tau diri,  sudah dibantu dan tidak mengeluarkan uang sama sekali kok tidak berterima kasih! Coba dia sedikit kaya,  pasti akan berlagak spt juragan!!" begitu saya bereaksi.  Pun sy ceritakan pd orang disekeliling saya,  berusaha membuat kesan bhw saya benar dan mereka salah..

Tidak lama, dalam hati saya langsung ada yang menegur begini, " mana ketulusan  kesabaran dan kasihmu? "

Saya tahu itu Tuhan yg berkata dalam hati sy dan sy menjawab,  " kan sudah lumayan Tuhan,  sy melakukan semua ini..  Mana ada teman sy yg lain yg mau melakukannya? "

Setelah merefleksikan dlm hati sy tahu bhw ada rencana Tuhan utk mengajarkan ttg ketulusan,  kesabaran,  pengendalian diri dan kerendahan hati pada saya dlm kejadian itu..

Pada setiap peristiwa, saya mempercayai bhw Tuhan sdg berkomunikasi pd pribadi saya,  entah itu menunjukkan penyertaan dan rencanaNya, memberikan berkat,  mengenalkan sifatNya,  mengajarkan sesuatu atau menegor pribadi saya untuk menjadi lebih baik.

Hari ini dlm sebuah kotbah di radio saya mengetahui bhw apa yg sedang sy lakukan itu adalah saya sdg belajar dan melatih diri saya menjadi pelaku Firman.. Menjadikan diri menjadi pusat rencana  dan kehendak Tuhan..

"Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah BapaKu dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-muridKu."  (Yoh 15:7-8)


Tuhan memberkati. *YH 21.11.17*

No comments: