Saturday, June 30, 2018

Puisi terakhir WS Rendra



*WS RENDRA*
_Kelahiran_
_SURAKARTA  1935._
_Meninggal di_
_DEPOK  2009._   

_Puisi terakhir WS Rendra_
_di buat sesaat sebelum_
_dia wafat._

_*Hidup   itu   seperti*_
*UAP,*   _*yang   sebentar*_
_*saja   kelihatan,*_
_*lalu   lenyap !!*_
_*Ketika   Orang   memuji*_
*MILIKKU,*
_*aku   berkata   bahwa*_
_*ini*_   *HANYA   TITIPAN*
_*saja.*_


```Bahwa mobilku```
_adalah   titipan-NYA,_
```Bahwa rumahku```
_adalah   titipan-NYA,_
```Bahwa hartaku```
_adalah   titipan-NYA,_
```Bahwa putra-putriku```
_hanyalah   titipan-NYA . . ._

```Tapi mengapa```
```aku tidak pernah```
```bertanya,```
*MENGAPA  DIA*
```menitipkannya```
```kepadaku?```
*UNTUK  APA  DIA*
```menitipkan```
```semuanya kepadaku.```

```Dan kalau bukan```
```milikku,```
```apa yang```
```seharusnya aku```
```lakukan untuk```
```milik-NYA ini?```
```Mengapa hatiku```
```justru terasa berat,```
```ketika titipan itu```
```diminta kembali```
```oleh-NYA?```

```Malahan ketika```
```diminta kembali,```
_kusebut  itu_   *MUSIBAH,*
_kusebut  itu_   *UJIAN,*
_kusebut  itu_   *PETAKA,*
_kusebut  itu  apa  saja . . ._
```Untuk melukiskan,```
```bahwa semua itu```
```adalah```  *DERITA . . .*

```Ketika aku berdoa,```
```kuminta titipan```
```yang cocok```
```dengan```
*KEBUTUHAN  DUNIAWI,*
_Aku  ingin  lebih  banyak_
*HARTA,*
_Aku  ingin  lebih  banyak_
*MOBIL,*
_Aku  ingin  lebih  banyak_
*RUMAH,*
_Aku  ingin  lebih  banyak_
*POPULARITAS,*

_Dan  kutolak_  *SAKIT*,
_Kutolak_  *KEMISKINAN,*
```Seolah semua```
*DERITA*  ```adalah```
```hukuman bagiku.```

```Seolah```  *KEADILAN*
```dan```  *KASIH-NYA,*
```harus berjalan```
```seperti```
```penyelesaian```
```matematika dan```
```sesuai dengan```
```kehendakku.```

```Aku rajin beribadah,```
```maka selayaknyalah```
```derita itu menjauh```
```dariku.```
```Dan nikmat dunia```
```seharusnya kerap```
```menghampiriku...```

```Betapa curangnya```
```aku, Kuperlakukan```
*DIA*  ```seolah```
_Mitra   Dagang  ku_
```dan bukan sebagai```
*Kekasih !*

```Kuminta```  *DIA*
_membalas_
_perlakuan  baikku_
```dan menolak```
```keputusan-NYA```
```yang tidak sesuai```
```dengan keinginanku..```

```Padahal setiap```
```hari kuucapkan,```
_*Hidup   dan   Matiku,*_
_*Hanyalah   untuk-MU*_

```Mulai hari ini,```
```ajari aku agar```
```menjadi pribadi```
```yang selalu```
```bersyukur dalam```
```setiap keadaan```
```dan menjadi```
```bijaksana, mau```
```menuruti```
```kehendakMU saja ya```
*ALLAH . . .*

```Sebab aku yakin...```
*ENGKAU*
```akan memberikan```
```anugerah dalam```
```hidupku...```
*KEHENDAKMU*
```adalah yang```
```ter``` *BAIK*  ```bagiku...```

```Ketika aku ingin```
```hidup```  *KAYA,*
```aku lupa,```
```bahwa```  *HIDUP*
```itu sendiri```
```adalah sebuah```
*KEKAYAAN.*

```Ketika aku berat```
```utk```  *MEMBERI,*
```aku lupa,```
```bahwa```  *SEMUA*
```yang aku miliki```
```juga adalah```
*PEMBERIAN.*

```Ketika aku ingin```
```jadi yang```
*TERKUAT,*
```....aku lupa,```
```bahwa dalam```
*KELEMAHAN,*
```Tuhan memberikan```
```aku```  *KEKUATAN.*

```Ketika aku takut```
*Rugi,*
```Aku lupa, bahwa```
*HIDUPKU*
```adalah sebuah```
*KEBERUNTUNGAN,*
```kerana```  *AnugerahNYA.*

```Ternyata hidup ini```
```sangat indah,```
```ketika kita selalu```
*BERSYUKUR*
```kepada```  *NYA*

```Bukan karena hari```
```ini```  *INDAH*
```kita```  *BAHAGIA.*
```Tetapi karena kita```
*BAHAGIA,*
```maka hari ini```
```menjadi```  *INDAH.*

```Bukan karena tak```
```ada```  *RINTANGAN*
```kita menjadi```
*OPTIMIS*.
```Tetapi karena kita```
```optimis,``` *RINTANGAN*
```akan menjadi tak```
```terasa.```

```Bukan karena```  *MUDAH*
```kita```  *YAKIN  BISA.*
```Tetapi karena kita```
*YAKIN  BISA . . !*
```semuanya menjadi```
*MUDAH.*

```Bukan karena```
```semua```  *BAIK*
```kita```  *TERSENYUM.*
```Tetapi karena kita```
*TERSENYUM,*
```maka semua menjadi```
*BAIK,*

```Tak ada hari yang```
*MENYULITKAN*
```kita, kecuali kita```
*SENDIRI*
```yang membuat```
*SULIT.*

```Bila kita tidak```
```dapat menjadi```
*Jalan  Besar,*
```cukuplah menjadi```
*JALAN  SETAPAK*
```yang dapat dilalui```
```orang,```

```Bila kita tidak```
```dapat menjadi```
*Matahari,*
```cukuplah menjadi```
*LENTERA*
```yang dapat menerangi```
```sekitar kita,```

```Bila kita tidak```
```dapat berbuat```
```sesuatu untuk```
```seseorang, maka```
*BERDOALAH*
```untuk kebaikan.```


_saya Share  karena   
_sangat  bagus  untuk_
_*Pembelajaran*_
_kehidupan  kita🙏_

1 comment:

A. Kesuma said...

Puisi yang bagus banget....
Bagaimana khabarnya Yo...
Masih inget aku ngga ya...